17 Statistik dan Tren di Industri Penerbitan Akademik

Industri penerbitan akademik mencakup dua segmen impor: publikasi majalah dan buku teks. Meskipun industri buku teks telah berjuang dalam beberapa tahun terakhir, komponen industri penerbitan artikel telah berkembang pesat.

Pada tahun 2016, lebih dari 567.000 artikel medis diterbitkan dalam jurnal akademik di seluruh dunia. Itu dua kali lipat jumlah artikel teknik yang diterbitkan. PLOS ONE menduduki peringkat majalah terbaik dalam hal total posting pada tahun 2016, dengan lebih dari 21.000 item konten. Laporan Ilmiah berada di urutan kedua, satu-satunya jurnal lain yang menduduki peringkat 20.000 artikel teratas.

Mengenai lembaga yang aktif dalam industri penerbitan akademik, 60% dari penerbit utama berbasis di Cina. Akademi Ilmu Pengetahuan China memimpin dunia dalam total item konten, dengan lebih dari 20.000 diterbitkan. Universidade de Sao Paolo berada di tempat kedua, menerbitkan lebih dari 10.000 item konten.

Sejak tahun 2006, telah terjadi peningkatan 56% dalam jumlah publikasi ilmiah yang telah dihasilkan. India telah memimpin dalam pertumbuhan, dengan peningkatan 190% dalam total posting.

Statistik Publikasi Akademik yang Menarik

#1. Pendapatan dari buku perguruan tinggi terbitan tahun 2017 relatif datar, menunjukkan kenaikan hanya 0,5%. Pendapatan dari buku akademik yang diterbitkan untuk populasi pra-K hingga kelas 12 menurun sebesar 2,9%. (Prospek publikasi)

# 2. Total pendapatan penerbitan buku teks AS mencapai $ 11,17 miliar pada tahun 2016, menggabungkan semua bentuk penerbitan untuk industri. Meski ini kurang dari $1,76 miliar yang dicapai pada 2015, masih lebih tinggi dari rata-rata $8,5 miliar yang terjadi sejak 2010. (Statista)

#3. 32% penerbit yang menerbitkan karya ilmiah secara independen melaporkan mengalami pertumbuhan penjualan pada tahun 2016. 41% penerbit independen lainnya menggambarkan kondisi keuangan mereka “stabil” dibandingkan tahun sebelumnya. (Harbottle dan Lewis)

# 4. Meskipun penerbitan akses terbuka bernilai kurang dari 5% dari total output monografi untuk industri penerbitan akademik, ini adalah salah satu sektor industri dengan pertumbuhan tercepat. (Persekutuan Penerbit Independen)

# 5. Anggaran perguruan tinggi didorong untuk memotong biaya bila memungkinkan. 80% perpustakaan di Eropa dan Amerika Utara melaporkan bahwa anggaran mereka diperbaiki atau dikurangi untuk tahun akademik 2016. 70% juga melaporkan penurunan anggaran jurnal. (Persekutuan Penerbit Independen)

# 6. Pasar global untuk majalah STM telah berkembang menjadi $ 10 miliar, berdasarkan angka yang diterbitkan tahun 2013, yaitu $ 2 miliar lebih banyak dari pendapatan yang dihasilkan pada tahun 2008. Selama periode itu, rata-rata tingkat pertumbuhan tahunan adalah 4,5%. (Persekutuan Penerbit Independen)

# 7. Pertumbuhan global dalam publikasi ilmiah kuat, dengan 2,2 juta artikel yang diterbitkan pada tahun 2016 dalam industri ini. Dua bidang dengan pertumbuhan tercepat adalah energi dan obat-obatan. (Para ahli di majalah Amerika)

# 8. Amerika Serikat adalah negara penerbitan terkemuka di dunia, menyumbang lebih dari 481.000 artikel secara total untuk industri penerbitan akademik. China berada di urutan kedua, memproduksi lebih dari 393.000 item. Inggris, Jerman dan India melengkapi 5 besar. (Pakar Majalah AS)

# 9. Pada tahun 2016, peneliti Cina bertanggung jawab atas sekitar 18% dari total publikasi ilmiah dunia. Sejak tahun 2006, telah terjadi peningkatan 151% dalam jumlah posting yang telah dihasilkan. (Para ahli di majalah Amerika)

# 10. Elsevier adalah penerbit penelitian akademis terbesar di dunia. Pada tahun 2015, industri ini memiliki pendapatan tahunan sebesar $ 25,2 miliar, di mana Elsevier menyumbang sekitar 10% dari total akhir. Springer Nature adalah produsen top lainnya, dengan pendapatan $ 1,75 miliar, sementara John Wiley and Sons memiliki penjualan sekitar $ 1,73 miliar setahun. (Akademi Enago)

# 11. Untuk industri buku teks AS, sekitar $ 14 miliar nilai total dihasilkan setiap tahun. Pasar hanya mewakili 1% dari total pengeluaran pendidikan yang terjadi di Amerika Serikat setiap tahun. (Proyek kompetisi yang mengganggu)

# 12. Harga buku teks telah meningkat 800% sejak tahun 1980. Angka itu lebih cepat daripada industri jasa medis, yang mengalami kenaikan 575%. Selama periode yang sama, indeks harga konsumen hanya meningkat 250%. (Biro Statistik Tenaga Kerja)

# 13. Rata-rata siswa akan membayar lebih dari $900 per tahun untuk materi akademik yang diperlukan untuk pembelajaran mereka. (Proyek kompetisi yang mengganggu)

# 14. Pada angka 2012, McGraw-Hill memiliki margin keuntungan tertinggi di industri buku teks akademik sebesar 25%. Mereka diikuti oleh Wiley dengan 15% dan Pearson dengan 10%. Total margin keuntungan telah meningkat rata-rata 2,5% sejak tahun 2003. (Proyek Kompetisi Mengganggu)

#limabelas. Harvard saat ini membayar $ 3,75 juta setiap tahun untuk mempertahankan langganan majalahnya saat ini. Biaya ini mewakili 10% dari total biaya semua pembelian perpustakaan. (Berita AS & Laporan Dunia)

#enambelas. Harga konten online dari hanya dua penyedia Harvard telah meningkat 145% dalam 6 tahun terakhir, bahkan mengalahkan indeks harga untuk pendidikan tinggi. (Berita AS & Laporan Dunia)

# 17. Penerbit nirlaba pernah mendominasi industri penerbitan akademik. Sekarang sekitar 50% jurnal akademis dunia dimiliki oleh penerbit komersial yang mencari laba. (Berita AS & Laporan Dunia)

Tren dan Analisis Industri Penerbitan Akademik

Penerbitan ilmiah sedang mengalami tiga evolusi terpisah secara bersamaan: penerbit menjadi lebih mandiri, ada revolusi digital yang sedang berlangsung, dan ada akses yang lebih besar ke konten akademik yang diinginkan oleh masyarakat umum.

Rata-rata orang akan membayar langganan tahunan sebesar $145 ke Journal of Financial Economics, tetapi jika sebuah perpustakaan berlangganan, biayanya akan lebih dari $4.200 per tahun. Pada tahun 2015, langganan perpustakaan ke New England Journal of Medicine mencapai $ 5.000. Selama setahun terakhir keuangan perpustakaan tersedia, yaitu 2012, 69% dari keseluruhan anggaran perpustakaan rata-rata adalah untuk langganan majalah.

Jika ini digabungkan dengan biaya buku teks akademik yang lebih tinggi, dapat dimengerti bahwa pasar sewa dan e-book meningkat. Pendapatan dari publikasi tradisional diperkirakan akan terus menurun, pendapatan dari publikasi majalah akan terus meningkat, dan semakin banyak orang yang mencari langganan pribadi untuk majalah pilihan mereka sebagai langkah penghematan waktu.

Banyak penerbit kecil di industri ini telah dibeli oleh penerbit besar dalam 20 tahun terakhir. Meskipun model bisnis berubah, kebutuhan akan konten ini terus meningkat. Hanya waktu yang akan menunjukkan seberapa besar pertumbuhan yang sebenarnya dapat dicapai.