25 Statistik, tren dan analisis industri gabus

Penjualan internasional ekspor gabus menurut negara mencapai US $ 1,8 miliar pada tahun 2017. Penyumbat anggur mempekerjakan lebih dari 30.000 orang dan mewakili 72% industri. Di tingkat nasional, pasar menunjukkan pertumbuhan yang konstan, melebihi lebih dari 1.200 juta gabus anggur per tahun dengan peningkatan tahunan sebesar 7%. Portugal mewakili 62,4% dari total ekspor gabus dengan nilai perkiraan USD $ 1,1 miliar. Amerika Serikat adalah negara terbesar keenam dengan hanya $ 24,7 juta.

Statistik menarik dari industri gabus

#1. Industri gabus global mempekerjakan sekitar 30.000 pekerja yang memiliki beragam pekerjaan, mulai dari panen hingga pemurnian. (Dewan Mutu Gabus)

# 2. Portugal adalah rumah bagi sekitar 737.000 hektar kawasan hutan, yang mewakili lebih dari sepertiga hutan ek gabus dunia. Portugal memproduksi sekitar 100.000 ton gabus per tahun dari tanah itu, yang mewakili setengah dari produksi gabus dunia. (Dewan Mutu Gabus)

#3. Spanyol adalah produsen produk gabus terbesar lainnya di dunia. Mereka menghasilkan 62.000 ton gabus setiap tahun, yang mewakili 31% dari total produksi di 574.000 hektar kawasan hutan. (Dewan Mutu Gabus)

# 4. 72% dari semua pendapatan gabus industri berasal dari sumbat gabus anggur. Nilai pasar total diperkirakan mencapai 644 juta euro per tahun dan mewakili 25% dari total berat produksi di Portugal. (Dewan Mutu Gabus)

# 5. Bahan bangunan gabus mewakili 25% dari total nilai industri di Portugal, senilai 228 juta euro. (Dewan Mutu Gabus)

# 6. Hanya 1% dari pasar gabus yang didedikasikan untuk ekspor bahan mentah. (Dewan Mutu Gabus)

# 7. Industri gabus menghasilkan lebih dari 13 miliar sumbat anggur setiap tahun, termasuk sumbat sampanye dan gabus. (Dewan Mutu Gabus)

# 8. Pertumbuhan pasar anggur dunia telah mendorong pertumbuhan pasar gabus dunia sebesar 7% per tahun. Pada 2010, ada nilai € 64,1 juta di pasar gabus yang berbasis di AS. Pada 2015, nilai itu € 103,2 juta. (Dewan Mutu Gabus)

# 9. Perkiraan nilai per hektar pohon ek gabus adalah 100 euro per tahun, yang secara langsung dikaitkan dengan jasa lingkungan. (Asosiasi Gabus Portugis)

# 10. Hutan ek gabus global dapat menghilangkan sekitar 14 juta ton karbon dioksida dari atmosfer. (Asosiasi Gabus Portugis)

# 11. Di hutan oak gabus khas yang dikelola dengan baik, Anda dapat menemukan hingga 135 spesies tanaman yang berbeda per meter persegi. (Asosiasi Gabus Portugis)

# 12. 80% perusahaan yang bekerja di industri gabus berlokasi di Portugal. 49% dari organisasi ini secara eksklusif didedikasikan untuk produksi sumbat gabus. (Asosiasi Gabus Portugis)

#13. 81% perusahaan yang aktif beroperasi di industri gabus melaporkan laba bersih positif di 2016. Rata-rata omset hanya 2,5%. (Asosiasi Gabus Portugis)

# 14. Di Portugal, lebih dari 40 juta gabus diproduksi dalam satu hari rata-rata. (Asosiasi Gabus Portugis)

#limabelas. Industri gabus Portugis telah mendaftarkan 691 paten. Ini telah membantu industri mencapai 63% pangsa ekspor dalam sektor gabus. (Asosiasi Gabus Portugis)

#enambelas. Penambangan gabus adalah pekerjaan dengan bayaran tertinggi, rata-rata, di dunia pertanian. Itu karena membutuhkan tingkat pengalaman yang sangat tinggi untuk menyelesaikannya dengan sukses. Gaji rata-rata mulai dari 45.000 euro per tahun. (Amorim / Skala Gaji)

# 17. Pohon ek gabus dapat meregenerasi kulit terluarnya sekitar belasan kali selama umur pohon. Pohon rata-rata hidup selama sekitar 150 tahun, tetapi beberapa diketahui hidup lebih dari 350 tahun. Itu berarti sebuah pohon dapat dipanen setiap 10 tahun atau lebih setelah panen awal, yang dapat memakan waktu hingga 20 tahun. (Institut Cork Amerika / Pasokan Bangunan Hijau)

# 18. Jaringan kulit kayu yang diambil dari ek gabus memiliki kepadatan yang sangat rendah. Ini karena sekitar 90% jaringan kerak bumi adalah materi gas. Produk gabus yang sangat padat dapat memiliki peringkat kepadatan hanya 0,20. (Pasokan bangunan hijau)

# 19. Pada tahun 2005, Wine Spectator menguji 2.800 botol anggur untuk trichloroanisole atau TCA, dan 7% di antaranya ditemukan terkontaminasi. Hanya dibutuhkan sebotol anggur yang buruk dari gabus yang buruk untuk merusak reputasi pembuat anggur. Namun, sejak tahun 2001, pengujian oleh Cork Quality Council menunjukkan penurunan 95% pada ACT. (Atlantik)

# 20. Ancaman utama bagi industri anggur, terutama anggur yang lebih murah, adalah tutup ulir aluminium. Sekitar 20% dari anggur meja yang dijual di dunia saat ini telah beralih dari gabus ke tutup aluminium. (Atlantik)

# 21. Sumbat plastik juga mulai menyusup ke pasar untuk sumbat gabus anggur. Untuk botol anggur yang harganya kurang dari $ 10, industri gabus mungkin telah kehilangan sebanyak 40% pangsa pasar dari penutupan botol. (Atlantik)

# 22. Pada 2010, 168 botol sampanye ditemukan di sebuah kapal karam di Laut Baltik. Meskipun Champagne berusia 170 tahun, itu masih bisa diminum karena kualitas yang dimiliki gabus. (Atlantik)

# 23. Industri gabus kecil Maroko, yang hanya menyediakan 6% dari produksi gabus dunia dari 383.000 hektar kawasan hutan gabus, menyediakan ekonomi lokal dengan dukungan lebih dari $ 11 juta per tahun. (Dewan Kualitas Atlantik / Cork)

#24. Secara total, ada lebih dari 100.000 orang yang menerima dukungan langsung atau tidak langsung karena industri gabus global setiap tahun. (Atlantik)

#25. Tunisia, Perancis dan Italia masing-masing memiliki 3% dari total produksi industri gabus. Bersama-sama mereka menghasilkan 18.000 ton gabus per tahun. (Dewan Mutu Gabus)

Tren dan analisis industri gabus

Industri gabus siap untuk mengalami tingkat pertumbuhan yang tinggi di tahun-tahun mendatang. Praktik panen yang baik, dikombinasikan dengan investasi berkelanjutan dalam penelitian dan pengembangan, telah membantu menjaga industri yang sebagian besar terlokalisasi ini tetap kuat dan sejahtera.

Pada saat yang sama, ada industri pelengkap yang juga muncul dari industri gabus. Biji ek dari pohon ek gabus, misalnya, diumpankan ke babi di Spanyol dan Portugal untuk membuat produk ham yang diawetkan.

Satu-satunya aspek negatif yang harus dihadapi industri ini adalah masalah TCA. Dari 1% hingga 7% botol anggur gabus mungkin produknya terkontaminasi TCA dari sumbat gabus, itulah sebabnya sumbat aluminium dan plastik menjadi tren. Ini adalah senyawa alami dari produk dan teknik sedang diterapkan untuk menghilangkannya.